UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL )

Gurdan Gurdan

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 SATU ATAP MURUNG tahun pelajaran 2021/2022 melalui model contextual teaching and learning. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan testertulis.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 26%, setelah dilaksanakan siklus I dengan menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 68% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 89%.

Model contextual teaching and learning (CTL) juga dapat meningkatkan indikator hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 SATU ATAP MURUNG Tahun Pelajaran 2021/2022. Indikator hasil belajar siswa terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotor. Pada siklus I indikator hasil belajar siswa memperoleh skor akhir 65%, artinya indikator hasil belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator hasil belajar rsiswa mencapai 93% sehingga berada pada kriteria sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Musalwa, M. (2019). Learning Material Development for ’Ilm Al-Bayan Using Contextual Teaching and Learning Approach Applied in Daarul Ukhuwwah Islamic Boarding School Malang, East Java (ar). Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 7(1), 45-58. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v7i1.1468


Refbacks

  • There are currently no refbacks.