PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BACAAN BASMALAH PESERTA DIDIK KELAS I
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Baamang Hilir dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik, respon serta hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Make a Match materi bacaan basmalah kelas I. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Baamang Hilir, sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas I yang berjumlah 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan angket. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model Make a Match mengalami peningkatan. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I rata-rata nilai 62,5 (cukup), dan pada siklus II dengan rata-rata nilai 93,75 (sangat baik). Selain itu respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Make a Match banyak yang tertarik dan mendapatkan respon positif lainnya. Untuk hasil belajar peserta didik kelas I pada materi bacaan basmalah pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata peserta didik 58 dengan ketuntasan klasikal 41,7%, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata peserta didik 88 dengan ketuntasan klasikal 91,7%.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Penddikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Heriawan, Adang, dkk. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis; Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Serang-Banten: LP3G.
Kusnandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Samsu, Somadayo. 2013. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Graha Ilmu.
Yatim, Riyanto. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.