PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII

Akhmad Kawakib

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Parenggean. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dengan jumlah 19 peserta didik, yang terdiri dari 10 peserta didik Laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Adapun materi pokok yang diajarkan adalah “Iman Kepada Malaikat Allah”. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran pada pratindakan menggunakan metode ceramah, sedangkan pada siklus I dan siklus II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 85%. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik: dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang meningkat dari setiap siklus yaitu pada siklus I dari 19 peserta didik yang tuntas belajar 78,95%. Peningkatan pada siklus II dari 19 peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 89,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat meningkatkian hasil belajar peserta didik Kelas VII SMPN 3 Parenggean.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arvianto, Ilham Rais, dkk. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berbasis Assesment For Learning (AFL) Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. ISSN : 2339-1685. Vol 1 No 7 hal 672-681. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. http: //jurnal.pasca.uns.ac.id. Diakses 23 Juli 2023.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.