PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MAPEL PAI
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Basirih Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan minat belajar PAI kelas II di SDN 3 Basirih Hilir. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN 3 Basirih Hilir yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas II SDN 3 Basirih Hilir pada materi Ayo Berperilaku Terpuji Sub Tema Jujur. Hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh siswa pada masing-masing siklus. Pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata siswa 69,28 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 35,71% sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata siswa 93,21 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 92,85%.
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2011
Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kholifah, Siti and Purwati, Siwi and Purwati, Erni (2020) Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Minat Belajar Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas 3 Sdn 9 Langkahan Tahun Ajaran 2020/2021. In: UNSPECIFIED. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21350
Nafis, Muhammad Muntahibun. Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: Teras, 2011.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Murid Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Murid Kelas 4 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3354/3193
Rusman. 2012.Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya , (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010)
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Syamsidah, Syamsidah and Hamidah, Hamidah (2018) Buku Model Problem Based Learning. 978-602-475-162-3, 1 (1). Deepublish, Yogyakarta. ISBN 978-602-475-162-3
Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, 2011.
Refbacks
- There are currently no refbacks.