PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII

Muhamad Syarwani

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Parenggean dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII.A melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi memahami makna Asmaul husna Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami dan Al-Bashir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa PAI kelas VII.A di SMPN 7 Parenggean. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Parenggean, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 7 Parenggean kelas VII.A yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas. Hal ini terlihat dari hasil penelitian keaktifan belajar siswa, sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ketuntasan belajar siswa sebesar 20,83% dan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan menjadi 74,58%.


Full Text:

PDF

References


Adri. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal: Of Physical Education and Sports, 4(1), 110.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 18161823.

Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291296.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.