PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 CEMPAKA MULIA TIMUR
Abstract
Berdasarkan pengamatan di lapangan terhadap kemampuan menyebutkan Nama-nama Nabi dan Rasul yang wajib di ketahui masih banyak siswa yang belum bisa menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul secara benar sesuai urutannya.Penelitian ini bertujuan megetahui penerapan Metode bernyanyi pada materi Beriman kepada Rasul-Rasul Allah dapat meningkatkn hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Cempaka Mulia Timur. .Subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam serta siswa kelas IV SD Negeri Cempaka Mulia Timur yang berjumlah 12 orang siswa terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa Perempuan.Metode penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi dalam menigkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Cempaka Mulia Timur menunjukkan peningkatan signifikan dalam materi Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah.Peningkatn nilai rata-rata kelas dari 55,83 pada Siklus I menjadi 77,91 pada Siklus II menunjukkan adanya kemajuan yang positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Ketuntasan belajar siswa sebesar 33 % pada Siklus I meningkat menjadi 91,66 % pada Siklus II.
Full Text:
PDFReferences
Jasiah,J. 2019. Analisis kebutuhan Bahan Pengembangan Bahan Mata Kuliah Budaya Lokal Di IAIN Palangkaraya ,Anterior Jurnal,9(1) 48-52.hhtps://doi.org/10.33084/anterior .v19i2.633 .
Mukhlis.2000.Penelitian Tindakan Kelas ,Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk guru -guru se-Kabupaten Tuban:
Rusman.2012.Model-model Pembelajaran :Mengembangkan Profesional Guru ,Jakarta ;PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya.2011.Strategi Pembelajaran : Standar Proses Pendidikan Jakarta ,Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.