PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (SURAH AL-MA’UN) KELAS V PADA SDN 2 LUWUK BUNTER
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini ialah bagaimana penggunaan metode drill untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa SDN 2 Luwuk Bunter tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus terdiri dari empat pengamatan yakni (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan, observasi dan dokumentasi., Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Luwuk Bunter dengan subjek sasarannya ialah kelas V dengan jumlah siswa 12 orang, terdiri dari 3 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Teknik analisis data yang digunakan mencakup observasi aktivitas guru, observasi aktivitas Kemampuan guru dalam metode pembelajaran, instrument observasi kemampuan membaca Al-Qur’an, adapun hasil penelitian kemampuan membaca Al-Qur’an dengan jumlah siswa 12 yang tuntas mencapai KKM sebanyak 5 siswa dan yang belum tuntas mencapai 7 siswa dengan persentase klasikal ketuntasan mencapai 41,66%. Pada siklus II, hasil kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang tuntas mencapai KKM ialah sebanyak 11 dan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 91,66%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill ini dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.
Full Text:
PDFReferences
Nasional, I. D. P. 2003. Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
M. Sobry Sutikno. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Lombok:Holistica.
Ridwan. 2016. Pembelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Ibtidaiyah, Lombok: Elhikam Press.
Anas Sudijono. 2010 Pengantar Statistik Penelitian, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.