PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SERUYAN TENGAH

Aswah Aswah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Seruyan Tengah dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII melalui penerapan model Problem Based Learning pada materi iman kepada malaikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilaksankan di SMP Negeri 1 Seruyan Tengah, subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seruyan Tengah yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seruyan Tengah pada materi iman kepada malaikat. Hal ini terlihat dari siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata motivasi belajar 62, 22 dengan ketuntasan 53, 33 % sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata motivasi belajar siswa 82,22 dengan ketuntasan 93, 33 %.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

Muhibbin, S..2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana

Trianto, (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.