MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA KELAS 1 SDN 1 BAAMANG TENGAH Safarianti

Safarianti Safarianti

Abstract


Huruf hijaiyah adalah huruf yang ada di alquran, istilah nama-nama huruf  ejaan dan penulisan Alquran. Diambil dari bahasa arab harf atau huruf dan hijaiyah  berarti mengeja. Selain untuk penulisan  alquran, huruf hijaiyah digunakan sebagai aksara atau tulisan bahasa. Penelitian Tindakan Kelas  bertujuan : 1) Meningkatkan pemahaman  Siswa membaca Huruf Hijaiyah di kelas 1 SDN 1 Baamang Tengah.  2) Meningkatkan hasil belajar  Siswa membaca Huruf Hijaiyah di kelas 1 SDN 1 Baamang Tengah.  Metode penelitian kuatitatif, model pembelajaran PBL yaitu pembelajaran yang merangsang Siswa belajar melalui berbagai permasalahan nyata sehari-hari. Pengumpulan data pnelitian menggunakan Observasi Langsung dan Tes.  Subjek penelitian ini Populasinya Siswa kelas 1, sampel sebanyak 12 Siswa. Analisis data digunakan  berupa Prosedur penelitian, dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dibagi menjadi empat langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil pre-test siklus 1,Terlihat ada Siswa mendapat nilai ?75 tuntas hanya 4 orang 33% rata-rata 73. Hasil tes belajar menunjukkan pada siklus 1 diperoleh rata-rata 77 hasil belajar 66,66%, 4 orang belum tuntas. Di siklus 2 rata- rata 83, sudah memenuhi pencapaian nilai ketuntasan belajar klasikal 80% dan nilai kriteria ketuntasan pembelajaran (KKTP) yang ditentukan. Maka ketuntasan pemahaman Siswa di siklus 2 dari segi hasil pelaksanaan dapat dikatakan berhasil di pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Ahnan, Asy, Maftuh, 2003, Kumpulan Hadist Terpilih, Surabaya: Terbit Terang.

Darajat, Zakiyah, 2001, Metodik khusus pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, Nur, 2014, Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar. Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga.

Nurhadi. (2010). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Prayitno, Mustofa, Aji (2022) Implementasi Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X. (PTK Di MA YPIP Panjeng Ponorogo).

Riadi, Muchlisin, (2019), Metode Pembelajaran , Jakarta

Sadimin, Arif,M, 2019. Media Pendidikan Ajaran Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tim CNN Indonesia, sabtu, 19 Nov 2022,Mengenal Huruf Hijaiyah dan Tanda Bacanya dalam Alqur’an. Jakarta: CNN Indonesia.

Tim Kamus Besar Bahasa Indonesia,1989: Balai Pustaka, Jakarta

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, 2005, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.