PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS V SDN MUARA LAUNG I-2

Hatmi Hartiyah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Penggunaan Metode Snowball Throwing UntukMeningkatkan Minat Belajar PAI Pada Siswa Kelas V SDN Muara Laung I-2”. Penelitian ini berdasarkan keadaan proses pembelajaran dikelas yang kurang aktif. Jadi digunakan suatu metode pembelajaran untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. dengan rumusan masalah “Bagaimana penggunaan metode Snowball Throwing dalam meningkatkan minat belajar PAI pada siswa kelas V SDN Muara Laung I-2”.

Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) . Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Muara Laung I-2 . Data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. data kuantitatif diperoleh untuk mencari nilai rata-rata kelas. Sedangkan data kualitatif untuk menganalisis peningkatan minat dalam belajar siswa.

Penelitan dilaksanakan dalam empat tahap, tahap pertama adalah siklus I dengan metode Snowball Throwing dengan hasil rata-rata 72.85 dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 dicapai oleh 20 siswa yang tuntas dari 28 siswa. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,42 dicapai oleh 27 siswa yang tuntas dari 28 siswa. Berdasarkan data tersebut dengan penerapan metode Snowball Throwing siklus I dan siklus II dapat diketahui peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya metode Snowball Throwing, peningkatan nilai tersebut menunjukkan peningkatan minat belajar dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.