PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAPEL SKI MATERI DAULAH MUGHAL DI MAN 1 TRENGGALEK

Eni Kustiana, Abdullah Abdullah

Abstract


Peningkatan pemahaman mata pelajaran SKI Materi Daulah Mughal menggunakan Model Mind Mapping. kelas XI MAN 1 Trenggalek Dalam proses KBM diharapkan guru menggunakan strategi, metode, model pembelajaran, dan media pembelajaran. Dengan strategi tersebut diharapkan materi yang  disampaikan guru membawa hasil yang baik. Pembelajaran SKI selama ini menggunakan ceramah, tanya jawab, dan tugas, membuat siswa kurang minat belajarnya sehingga hasil belajar tidak mencapai KKM .Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan memiliki tujuan yaitu : Untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran model mind mapping dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi SKI Daulah Mughal kelas XI MAN 1 Trenggalek tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian menggunakan  kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi menggunakan Pembelajaran model Mind Mapping Pengumpulan data ,wawancara,e dan dokumentasi. Subjek penelitian Siswa Kelas XI  MAN 1 Trenggalek. mengggunakan analisis statistika deskriptif. Untuk mengetahui keberhasilan dengan membandingkan peningkatan aktifitas dan hasil belajar SKI materi Daulah Mughal kelas XI MAN 1 Trenggalek tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa meningkatnya hasil aktivitas guru keseluruhan dengan skor 51,2 % (cukup)  pada siklus I ,menjadi 92,5 %( (baik) setelah dilaksanakan siklus II. Dan hasil aktivitas peserta didik pun juga meningkat yang mendapatkan skor 76-80 (cukup) pada siklus I menjadi skor 80-90(baik) Setelah dilaksanakan siklus II. Peningkatan pemahaman peserta didik nilai rata-rata kelas mendapatkan 76-80 pada siklus I dan pada siklus II mendapatkan nilai 80-90. Sedangkan untuk persentase ketuntasan pemahaman peserta didik mendapatkan 76-80 pada siklus I dan mendapatkan 91-100 pada siklus II.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2013). Pandangan Orangtua Terhadap Pendidikan Anaknya (Studi Kasus Pada Petani Yang diduga Kurang Memperhatikan Pendidikan Anaknya di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala) (IAIN Antasari). IAIN Antasari. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/30/

Adi, Septi aji. 2013. Penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan minat. Jakarta : Rosdakarya

Aqib, Zainal, dkk.2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB dan TK.

Arikunto, Suharsismi, dkk.2009. Dasar-dasar Evakuasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta:PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsismi. .2009. Dasar-dasar Evakuasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar . Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiono.2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Elfabeta.

Sugiono.2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Elfabeta.

Undang-Undang RI No 20 tahun 2003, tentang system pendidikan nasional Kemenag RI. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.