MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SKI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS IV MIS HIDAYATULLAH BALI

Nurul Izzah, Abdullah Abdullah

Abstract


Dalam proses pembelajaran diharapkan guru menggunakan berbagai strategi, metode, model pembelajaran, dan media pembelajran. Dengan adanya strategi apa yang disampaikan guru pada siswa membawa hasil yang baik. Pembelajaran SKI selama ini menggunakan ceramah, tanya jawab, atau penugasan membuat siswa kurang minat belajarnya sehingga hasil belajar tidak mencapai KKM. PTK yang akan dilaksanakan memiliki tujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar SKI kelas IV MI Hidayatullah Bali. Penelitian menggunakan PTK yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian menggunakan kualitatif jenis penelitian evaluasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian Siswa Kelas IV MIS Hidayatullah Bali. Analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif. Analisis digunakan untuk mengetahui keberhasilan peneliti, dengan membandingkan peningkatan aktifitas dan hasil belajar SKI kelas IV MIS Hidayatullah Bali. PTK telah selesai dilaksanakan pada Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian adalah peningkatan aktifitas siswa siklus I 61%, pada siklus II meningkat menjadi 75%. Perkembangan hasil belajar siklus I 70% dengan nilai rata-rata 68,5, sedangkan siklus II menjadi 85% dengan rata-rata 80,5.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2013). Pandangan Orangtua Terhadap Pendidikan Anaknya (Studi Kasus Pada Petani Yang diduga Kurang Memperhatikan Pendidikan Anaknya di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala) (IAIN Antasari). IAIN Antasari. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/30/

Arikuntoro, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Daftar Nilai Pelajaran. 2022/2023. Kelas IV Semester Genap

Jumanta Hamdayama2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Kartini Kartono. 1990. Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung: Mandor Maja

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan KelasSebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:PT Rajawali Pres

Kementrian Agama. 2015. Al-Quran dan Terjemahan. Depok:Adhjjaul Bayan

Miftahul Huda. 2012. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Metode Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group

Wijaya Kusumah dkk. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.