PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 SEMBULUH II

Muslipah Muslipah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Sembuluh II Kecamatan Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV melalui penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe crossword puzzle  pada materi usia baligh. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PAI kelas IV di SDN 1 Sembuluh II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN- 1 Sembuluh II, Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Sembuluh II kelas IV berjumlah 32 peserta didik, terdiri dari 13 laki-laki dan 19 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas IV SDN 1 Sembuluh II. Hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh peserta didik pada masing-masing siklus. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 68 dengan ketuntasan hasil belajar 62%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik 87 dengan ketuntasan hasil belajar kalsikal 82%.


Full Text:

PDF

References


Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press. Kemdiknas.2011.Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Kemdiknas

Kunandar. (2019). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grapindo Persada

Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Ngalim, Purwanto. 2003. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.