PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 SEMBULUH II
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Sembuluh II Kecamatan Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe crossword puzzle pada materi usia baligh. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PAI kelas IV di SDN 1 Sembuluh II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN- 1 Sembuluh II, Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Sembuluh II kelas IV berjumlah 32 peserta didik, terdiri dari 13 laki-laki dan 19 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas IV SDN 1 Sembuluh II. Hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh peserta didik pada masing-masing siklus. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 68 dengan ketuntasan hasil belajar 62%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik 87 dengan ketuntasan hasil belajar kalsikal 82%.
Full Text:
PDFReferences
Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press. Kemdiknas.2011.Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Kemdiknas
Kunandar. (2019). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grapindo Persada
Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya
Ngalim, Purwanto. 2003. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.