PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SKI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS XA MA ASY- SYIFA TOTIKUM

Samsia Samsia, Abdullah Abdullah

Abstract


Sulitnya pemahaman siswa terhadap pelajaran SKI, strategi guru dalam pembelajaran yang belum efektif mengakibatkan motivasi dan prestasi belajar menurun yang tercermin dari hasil evaluasi dan capaian belajar yang masih dibawah ekspetasi   Karenanya, penting untuk mengadakan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui sampai sejauh mana ketercapaian pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran SKI dikelas XA MA Asy – Syifa Totikum pada tahun 2023/ 2024 Metode penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah guru penggampu mata  pelajaran SKI dan siswa di kelas XA . Analisis data yang di gunakan adalah Miles dan Huberman dengan 4 tahap yaitu, penggumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditinjau dari empat komponen dalam model Pembelajaran Inquiry yaitu Bahwa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran SKI di kelas XA MA Asy – Syifa Totikum pada tahun pelajaran 2023/ 2024, yang dibuktikan pada siklus I 62,5 %, dan pada siklus II mengalami peningkatan 100 % yang mencapai KKM.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Benny. A.2009. Tipe Desain System Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Khaeruddin dan Sujiono, E.H. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) BerdasarkanKurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar Penerbit Makassar.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). 2006. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Mappasoro. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Miles, M. B dan Huberman.1992.. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjeptjep Rohudi Rihidi.Jakarta: UI Press

Muclish, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Samatowo, Usman. 2006. Bagaimana Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenangaan.

Sanjaya, Wina. 2009. Model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sanjaya, Wina.2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pranata Media Grup.

Trianto. 2009. Model Inquiry Dalam Mengajar. (online): www. Elerning-Jogja diakses 06 September 2016

Undang-undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasinal beserta penjelasannya. Bandung: Citra Umbara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.