PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM
Abstract
Pendidikan agama islam adalah usaha maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah. Hal ini berarti bahwa Pendidikan agama islam memerlukan metode pembelajaran dan harus mendapat perhatian yang seksama dari pendidik agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Metode diskusi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), karena siswa akan mempelajari sesuatu melalui cara musyawarah dengan teman-temanya dengan bimbingan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi akhlak terpuji mata pelajaran akidah akhlak kelas IV di MI Miftahul Ulum Karangtengah Kandangan Kediri dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan metode tersebut. Penelitian ini adalah penilitian diskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jenis penelitian Tindakan kelas. Kesimpulannya adalah metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas IV MI Miftahul Ulum Karangtengah Kandangan Kediri. Ditambah dengan adanya media pendukung belajar seperti laptop dan proyektor akan membantu motivasi belajar siswa-siswa yang kurang senang atau malas mengikuti metode pembelajaran tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 1986. Metode Khusus Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Bima Aksara.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Intermasa.
Arikonto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Muhaimin, dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Citra Media.
Rusyan, A. Tabrani, dkk. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya CV.
Shaleh, Abdul Rachman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta Pusat: PT. Gemawindu Pancaperkasa.
Soedarsono, FX. 2001. Metodologi Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukidin, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
Sutiah. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Islam Negeri Malang.
Thoha, Chabib, dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: IAIN Walisongo & Pustaka Pelajar.
Usman, Moh.Uzer. 1992. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja RosdaKarya.
Winarno. 1998. Pengantar penelitian. Jakarta: Rineke Cipta.
Wiraatmadja, Rochiati. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
id.wikipedia.org/wiki/metodologi_penelitian, 12 Oktober 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.