PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT-SIFAT ALLAH KELAS VII MTS SA ALAWIYAH

Ayatulloh Humaini, Muhammad Abdul Malik

Abstract


Proses pembelajaran di kelas VII MTs. SA Alawiyah biasa menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab dan metode diskusi. Namun keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran hanya didominasi sebagian peserta didik tertentu saja dan masih banyak peserta didik kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Sehingga hasil belajar peserta didik pada materi sifat-sifat Allah SWT masih tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu diterapkan pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif. Salah satu metode yang digunakan adalah metode Make a match, guna untuk mengetahui tingkat hasil belajar peserta didik pada materi sifat-sifat Allah SWT. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. SA Alawiyah Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 15 peserta didik. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan juga meningkat. Pada pra survei persentase ketuntasan sebesar 20 %. siklus I sebesar 46,66 % dan siklus II sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini sangat diharapkan para guru menggunakan metode pembelajaran seperti ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Ilyas, H. M., Abd. Syahid. 2018. “Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru”. Jurnal Al-Aulia, Volume 04 (01). https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/download/ilyasya/42/182.

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pratiwi, Rina Hidayati. 2018. Metode Pembelajaran “Make a match” Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPA. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Thabroni, Gamal. “Model Pembelajaran Make a match & Langkah-Langkahnya”, https://serupa.id/model-pembelajaran-make-a-match-langkah-langkahnya/, 28 Maret 2022.

Wlodkwski, Raymond J. & Judith H. Jaynes. 2004. Motivasi Belajar, Cerdas Pustaka, Depok.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.