UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KALIMAT THAYYIBAH DENGAN METODE POSTER COMMENT PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS 3 MIN 6 HULU SUNGAI UTARA KALIMANTAN SELATAN

Gunawan Gunawan, Muslimah Muslimah

Abstract


Penelitian ini merupakan penerapan metode poster comment, menggunakan metode pembelajaran yang tepat akan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas 3 MIN  6 Hulu Sungai   Utara melalui penerapan metode poster comment. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.  Penelitian ini menggunakan dua siklus. Setiap siklusnya terdapat 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan   refleksi.   Subjek   dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 MIN 6 Hulu Sungai Utara yang berjumlah 10 siswa.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase    pelaksanaan    metode   poster comment pada hasil belajar siswa meningkat pada siklus I dari 60% menjadi 80% dikategorikan baik. Dan pada siklus ke II meningkat menjadi 100%. Berarti terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 40%

Full Text:

PDF

References


Hamdi, S., Muslimah, M., & Salamah, S. 2021. "Implementasi Penilaian Akidah Akhlak di MA Sabilal Muhtadin Kotawaringin Timur". Prosiding Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).

Khalidi, M. M. N., Muslimah, M., & Aliansyah, A. 2021. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Qs Annisa Ayat 59 Taat Pada Aturan Dengan Metode Mind Mapping Di Sman 1 Belantikan Raya". Prosiding Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).

Maryanto, E. 2018. Kunci sukses Guru Zaman Now. CV. Narasi Nara.

Muhajir, A., & Muslimah, M. 2021. "Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Mata Pelajaran PAI". Prosiding Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).

Munir, M., Syar’i, A., & Muslimah, M. 2021. "Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Tengah Arus Perkembangan Teknologi Digital". Prosiding Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).

Muslimah. 2016. Nilai Religious culture Di Lembaga Pendidikan. Aswaja Pressindo.

Muslimah, Laksono, H., Saini, M., Sardi, Nurviana, L., Wardiyanto, P. W., Azizah, N., Fatimah, Marlinawati, R., Iqlima, Rosyadi, A., Marhamah, & Sya’idun, A. 2020. Cara Mudah Membuat Proposal Penelitian. Palangka Raya: CV. Narasi Nara.

Muslimah, Musthofa, I., Yahya, M. D., Musthan, Z., & Wahyuni, A. 2022. "Desain Pembelajaran Akhlak Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( Ctl )". Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).

Said, A., & Muslimah, M. 2021. "Evaluation of Learning Outcomes of Moral Faith Subjects during Covid-19 Pandemic at MIN East Kotawaringin (Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Kotawaringin Timur)". Bulletin of Science Education, 1(1).

Saputra, A. D., Rahmatia, A., & Muslimah, M. 2021. "How personal factors grow students’ interest in entrepreneurship". Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 14(1).

Supaini, S. 2019. Guru Berkarakter: Antara Harapan dan Kenyataan. Palangka Raya: Palangka Raya: CV. Narasi Nara.

Syafrin, S., & Muslimah, M. 2021. "Problematika Pembelajaran E-learning dimasa Pandemi Covid-19 bagi Santri Pondok Pesantren Al-Hasyimiyyah Kotawaringin Barat". Jurnal Al-Qiyam, 2(1).

Tang S, M., Muslimah, M., Riadi, A., & Mukmin, M. 2021. "Implikasi pedagogis al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 45-48 mengenai tugas dan fungsi guru sebagai pendidik". Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1).

Wasilah, W., & Muslimah, M. 2023. "Fenomena Kemunculan Sekolah " Elit " Islam di Indonesia ( Analisis Aspek Manfaat dan Mudharat )". Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.