PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SKI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII MTS SA Al FALAH WULUHAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar SKI di Kelas VII MTS SA Al Falah Wuluhan . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajarSKI materi Misi Dakwah Nabi Muhammad SAW Di Makkah Sebagai Rahmatan Lil Alamin Di Kelas VII MTS SA Al Falah Wuluhan melalui model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar SKI materi Misi Dakwah Nabi Muhammad SAW Di Makkah Sebagai Rahmatan Lil Alamin Di Kelas VII MTS SA Al Falah Wuluhan. Peningkatan prestasi belajar diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata- rata nilai siswa materi pada kondisi awal (pra-siklus) 69 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% (8 siswa) dari 20 siswa yang mencapai nilai ? 75 (nilai KKM). Siklus I sebesar 74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60% (12 siswa) yang mencapai nilai ? 75 (nilai KKM). Siklus II sebesar 83 dengan ketuntasan klasikal 85% (17 siswa) yang mencapai nilai ? 75 (nilai KKM).
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto. 2011. Pembelajaran Aritmatika Sekolah Dasar. Surakarta: PenerbitQinant. Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah:
Beserta Contoh-co ntohnya. Yogyakarta: Gava Media.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rahayu, Rina. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning Di SMP. Jurnal Kependidikan. Vol 45, No.1. Yogyakarta.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah: Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media. Abdullah
Sani, Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, dkk. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Najma. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PB) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV MAN 3 Banda Aceh”. Jurnal Volume IV. Nomor 1. Januari – Juni, Dosen UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Refbacks
- There are currently no refbacks.