UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI ADAB TERHADAP ORANG TUA DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III MI MIFTAHUL ULUM KARANGWOTAN

Haryanto Haryanto, Muhammad Abdul Malik

Abstract


Penelitian ini mengungkap penggunaan metode role playing dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi adab terhadap orang tua pada siswa kelas III Mi Miftahul Ulum Karangwotan Pucakwangi Pati. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tindakan kelas yang diterapkan melalui dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar anak. Efektivitas penggunaan metode tersebut dapat dilihat dari dijumpainya beberapa perubahan yang positif, baik yang terjadi pada guru akidah akhlak itu sendiri maupun yang terjadi pada diri siswa, terutama perubahan adanya peningkatan prestasi siswa dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak.


Full Text:

PDF

References


Hopkins. D. 1993. A Teachers Guide to Classroom Research. Philadelphia : Open University Press.

Kasbolah, K. 1998. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kiswoyo, S. B. 1995. Model Pembelajaran AKIDAH AKHLAK. Jakarta: Depdikbud.

Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. dkk. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sudjana, N. 1988. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sumaatmadja, N. 1984. Metodologi Pengajaran Ilmu Akidah akhlak. Bandung: Alumni UPI.

Syah, M. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wardana, B., dkk 1996. Ilmu Akidah akhlakuntuk Kelas V Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Winkel. WS. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung : PPS UPI.

Zuhairini, dkk. 1983. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.