MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN DISKUSI TENTANG IMAN KEPADA KITAB ALLAH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK DI KELAS IV MINU 21 BULULANJANG
Abstract
Untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi Belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Ahlak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan analisis diskriptif kualitatif dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,9%), siklus II (74%), siklus III (86,9%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning dan diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Akidah Akhlak.
Full Text:
PDFReferences
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva press.
Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Omar. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suherman, Erman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.
Veerman, k. 2003. Intelligent Support for Discovery Learning. Twente: Twente University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.