MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI & BP DALAM MATERI RENDAH HATI, HEMAT DAN HIDUP SEDERHANA DENGAN METODE ROLE PLAYING BASED ON DAILY SHORT STORY

Syahrani Syahrani

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran melalui Role playing based on Daily Short Story serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan imtak peserta didik pada materi rendah hati, hemat dan sederhana pada peserta didik.

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Daha selatan dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Daha Selatan dengan jumlah 12 peserta didik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.

Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Pengambilan data non tes berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto maupun video. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan analisis data penelitian, Ada peningkatan hasil belajar dan imtak. Aspek pengetahuan ada peningkatan ketuntasan belajar, pada siklus 1 (80 %) dan siklus 2 (90,6%). Aspek ketrampilan mengalami peningkatan siklus 1 (80,00% dan siklus 2     (90%)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.