PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA PROBOLINGGO

Wily Furoida, Abdullah Abdullah

Abstract


Dalam proses pembelajaran diharapkan guru menggunakan berbagai strategi, model dan media pembelajaran. Dengan adanya strategi tersebut apa yang disampaikan oleh guru pada siswa membawa hasil yang baik. Pembelajaran SKI selama ini hanya menggunakan ceramah, tanya jawab, atau penugasan hal ini membuat siswa kurang minat belajar sehingga hasil belajar tidak mencapai KKM yang ditetapkan sesuai kurikulum yang berlaku. Begitu juga hasil belajar dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang tetap sebagai hasil proses pembelajaran. Penelitian  bertujuan untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah Siswa Kelas XI MIPA 3 MAN 1 Kota Probolinggo. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Analisis ini digunakan untuk peneliti mengetahui keberhasilan peneliti, dengan membandingkan peningkatan aktifitas dan hasil belajar SKI. Hasil penelitian ini menunjukkan aktifitas siswa siklus I 61%, pada siklus II meningkat menjadi 75%. Perkembangan hasil belajar pada siklus I 70% dengan nilai rata-rata 68,5, sedangkan pada siklus II menjadi 85% dengan rata-rata 80,5. Dengan demikian pembelajaran model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2013). Pandangan Orangtua Terhadap Pendidikan Anaknya (Studi Kasus Pada Petani Yang diduga Kurang Memperhatikan Pendidikan Anaknya di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala) (IAIN Antasari). IAIN Antasari. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/30/

Amir dan Abdul Haling. 2018. “The Effect of Scientifik Approach at natural Science learning on Elementary Student’s Learning Outcomes”. Advance Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). Volume 227, Tahun 2018 (halaman 13-15).

Arikunto, S.. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fajrin, N. N., Retno, D., & Saputro, s. 2015. Eksperimentasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournamnet (TGT) pada Materi Tiga Dimensi Ditinja Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (KBK). JEPM,1009-1020

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar . Jakarta : Bumi Aksara.

S Abdurrozak., dkk. 2016. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif”. Jurnal Pena Ilmiah. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2016 (halaman 876-878).

Aloysius. 2016. Potensi Strategi Problem Based-Learning (PBL) Terintegrasi Reading Questioning and Answering (RQA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan Sains, Volume 4, Nomor 2, Juni 2016, Halaman 49–59.

Esema. 2012. Problem-Based Learning. Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan

Nafiah, Yunin Nurun dan Wardan Suyanto. 2017. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 4. No. 1, pp. 125–143.

Wulandari, B. dan Herman D. S. 2013. “Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3. No.2, pp. 178–191.

Yuwono, Galih Rinekso dkk. 2020. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Analitis Pada Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ranah Pengetahuan”. Edusains. Vol.12. No. 1, pp. 106–112. Fakhrudin, A., dkk. 2019. “Implementation of Augmented Reality Technology in

Natural Sciences Learning Of Elementary School to Optimize the Students’ Learning Result”. International Journal of Indonesian Education and Teaching Volume 3, Nomor 1, Tahun 2019 halaman (1-10).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.