MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN PRESENTASI DI MINU 16 MENARA SANGKAPURA KABUPATEN GRESIK

Wasithah Wasithah, Abdullah Abdullah

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar SKI siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Peningkatan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 68% yakni 13 dari 19 siswa mengalami peningkatan hasil belajar di ahir siklus 1, pada siklus 2 sebesar 89% yakni 17 dari 19 siswa mengalami peningkatan hasil belajar, dan siklus 3 sebesar 100%.Penelitian ini 3 siklus dengan 41,3% siswa cukup kreatif, 58,7% siswa kreatif pada siklus I ,0,6% siswa cukup kreatif, 60,4% siswa kreatif pada siklus II dan 32,6% siswa cukup kreatif, 67,4% siswa kreatif pada siklus III dan skor rata-rata dari rata-rata skor kreativitas siswa adalah 2,47 pada siklus I menjadi 2,60 pada siklus III. Perolehan persentase pada siklus III membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu hasil belajar mengalami peningkatan ? 80%. Hal ini menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V Minu 16 Kecamatan Sangkapura meningkat dengan baik. Maka Teknik pembelajaran presentasi  perlu diterapkan karena dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2013). Pandangan Orangtua Terhadap Pendidikan Anaknya (Studi Kasus Pada Petani Yang diduga Kurang Memperhatikan Pendidikan Anaknya di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala) (IAIN Antasari). IAIN Antasari. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/30/

Fahrurozi, S. K. 2012. Development of Learning Videos to Provide a Basis for Learning Algorithms: Journal Information Education. 12(6): 49-56.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas,.Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Lei , P.L., Sun, C.T., SJ, Lin., & Huang , T.K. 2016. Influence of Cognitive and Oral- Style Metacognitive Strategies on Biology-Basedd Video Search and Learning Performance: Journal Computers and Education. 87(7): 326-339.

Stem. 2019. Facilitate The Use of Videos With Math Teachers: Learn Living in Detail: Journal of STEM Pendidikan. 6(5): 23-30. https://binus.ac.id/knowledge/2019/09/manfaat- video-based-learning-dan-tips-untuk- membuatnya/

Stouse, G. A., Troseth, G. L., O’Doherty, K. D., & Saylor, M. M. 2018. Co-viewing Support Toddlers Word Learning from Contingent and Noncontingent Video: Journal of Experimental Child Psychology. 166(9): 310-326.

Wijaya Kusuma dan Dedi Dwitagama. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.