PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 3 MALIKU
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SMPN 3 Maliku yaitu guru Pendidikan Agama Islam kurang kreatif dalam menggunakan metode ceramah, sehingga siswa pasif pada saat pembelajaran di kelas, Berdasarkan hal tersebut peneliti berupaya menawarkan satu langkah strategis pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode yang efektif dan sejalan dengan kebutuhan siswa sekolah menengah, yaitu Model Cooperatif Learning dengan strategi Everyone Is Teacher Here . Dengan menggunakan Tipe Kurt Lewin yang dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII.c SMPN 3 Maliku terdiri 22 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: tes, observasi, dokumen dan teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis dan refleksi pada setiap siklusnya. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat tiap siklusnya pada siklus I ketuntasan belajar siswa 16 dari 22 siswa atau 73 % dengan rata-rata nilai 77. Kemudian pada siklus II bahwa pada siklus ini terdapat 20 siswa dari 22 telah mencapai nilai tuntas dengan rata-rata nilai 80 dengan ketuntasan mencapai 91%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII.c SMPN 3 Maliku.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, et.al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama RI. 2001. Metodologi Pendidikan Agam Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar Dan Pembalajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Fitrianti. 2016. Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deeppublish
Ismail. (2009). Strategi Pembelajaran Agama Berbasis PAIKEM. Semarang : Rasail
Media Group.
Jasiah, 2006. Ilmu Pendidikan. Banjarmasin Kalimantan Selatan: Antasari Press.
Melvin L. Silberman. (2006). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Media
Purwanto, 2010. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Setia Lengkana N. Siti Nuraeni Sofa (Rusyanti, 2013) Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan [online] tersedia: http://jurnalolahraga.stkippasundan.ac.id/index.php/jurnalolahraga
Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2018. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sudijono. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Subroto, Toto dan Yudiana, Yunyun. (2010). Permainan Bola voli, Bandung
Suprijono. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.