UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ASMAUL HUSNA AL-WAHHAB DAN AR-RAZZAQ DI KELAS III MI YASPI

Laily Uzlifatul Hasanah, Muslimah Muslimah

Abstract


Fenomena yang terjadi pada MI YASPI Daseh Pakis Magelang adalah para siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dari apa yang sedang dipelajari. Khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hal ini terbukti dari hasil prestasi yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Penelitian ini menggunakan analisis deskriftif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MI YASPI Daseh Pakis Magelang dengan jumlah siswa 10 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada pra siklus, hasil belajar siswa 20% (2 anak) yang mencapai KKM. Kemudian pada siklus I,  keaktifan siswa 50,% dan hasil belajar siswa 66.7% (8 anak) yang mencapai KKM sedangkan yang belum tuntas ada 2 anak (33.3%). Pada siklus II, keaktifan siswa 89,70% dan hasil belajar siswa 100%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL), terbukti dengan : 1). Meningkatnya keaktifan siswa 32,14 % dari siklus I ke siklus II dan 16,07% dari siklus II   2). Meningkatnya hasil belajar 28,57 % dari pra siklus ke siklus I, 21,43 % dari siklus I ke siklus II, 35,71 dari siklus II.


Full Text:

PDF

References


Afliachah, Rochis. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran CTL

pada Siswa Kelas IV MI NU Sholahiyah Pedawang BAE Kudus TahunPelajaran 2014/2015. Skripsi pada FAI Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Aisah, Siti. 2017. Pelaksanaan Active Learning Mata Pelajaran Aqidah Akhlak pada MTs Negeri Gombong Kabupaten Kebumen. Skripsi Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen.

Anwar, Muhammad Samsul. 1988. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak melalui Penggunaan Media Gambar dan Metode Resitasi pada Siswa Kelas V di MI Ar-Rahmah Jabung Malang. Skripsi UIN Malang,

Arifin. 2009. Evaluasi Instruksional. Lumajang: CV. Remaja Karya.

Djmarah, Syaiful Bahri. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Batubara, Muhyi. 2004. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Ciputat Press.

Daud, Ali, M, 2000. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Agama Republik Indonesia, 1998. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: PT. Karya Toha Putra.

Departemen Agama Republik Indonesia, 2006. Standar Isi Madrasah Tsanawiyah,

Diknas, 2002. Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jakarta: Dirjen Diknas Dasar dan Menengah.

Faojin, 2003. Contextual Teaching and Learning: Pendekatan Kontekstual, Jateng: Madrasah Development Centre.

Hamdani, Nur. M. 2009. Penerapan Metode Cerita dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Hasanudin Bandarharjo Semarang. Skripsi pada IAIN Walisongo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.