UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI ADAB BERBAKTI KEPADA ORANG TUA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING KELAS X MA WAHID HASYIM KADEMANGAN

Mahfud Abdillah, Muslimah Muslimah

Abstract


Realitas dewasa ini, proses pembelajaran dikelas agaknya berlangsung secara kaku dan kurang menyenangkan, diantaranya adanya tuntutan pada siswa untuk menguasai materi dan fakta - fakta, hal ini juga membuat pembelajaran kurang bermakna, karena penguasaan atas banyaknya materi belum tentu menjamin pemahaman pada materi yang mereka kuasai. Keteribatan siswa secara aktif dalam proses pembeajaran merupakan hal yang sangat penting dan merupakan modal dasar bagi siswa agar dapat mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapakan. Agar proses belajar mengajar yang efektif dan kondusif diperlukan metode-metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara dalam pembelajaran yang mana dalam penelitian ini menggunakan metode role playing pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap tindakan. Pada siklus I persentase peningkatan hasil belajar belajar siswa sebesar 50%. Pada siklus II persentase peningkatan hasil belajar belajar siswa sebesar 22%. Jadi pada siklus I ke siklus II persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 56%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode pembelajaran role plating untuk meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas X berjalan dengan efektif.


Full Text:

PDF

References


Wahab, Abdul Aziz. 2008. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial, Bandung: Alfabeta.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Budiningsih, Asri, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta

Fajar, Arnie. 2009. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosadarkaya

Fathurrrahman, Pupuh, Dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rifaka Aditama.

Hanafiah, Nanang, Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Refika Aditama.

Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Wahidmurni. 2008. Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan. Malang: UM Press.

Moleong, J Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.