PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI HORMAT DAN TAAT KEPADA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI ASY SYAFIIYAH

Mahmudah Mahmudah, Muslimah Muslimah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajar Akidah Akhlak melalui metode everyone is a teacher here di MI Asy Syafiiyah Jelapat Kabupaten Barito selatan Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen test yang digunakan berupa, soal pretest dan post test yang berbentuk pilihan ganda, serta instrumen non test berupa wawancara dan observasi. Subyek penelitian ini adalah kelas III MI Asy Syafiiyah Jelapat yang berjumlah 14 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini dapat dibuktikan dengan meningkatkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I saat pretest yaitu 50 meningkat menjadi 60,7 pada saat posttest. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik saat pretest yaitu 53,57 meningkat menjadi 76,42 pada saat posttest. Adapun indikator keberhasilan yang dicapai KKM adalah 65.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Eliyyil. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini Dini (Strategi, Pendekatan dan Metode Pembelajaran). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ali, Lukman. 2007. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Beetlestone, Florence. 2011. Creative Learning. Bandung: Nusa Media.

Hamalik, Omear. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mawardi, Edi. 2021. 40 Hadis Sikap Penuntut Ilmu. Jakarta: Guepedia.

Mudjiono, dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mukrima, Syifa S. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mustafa, Muhammad Thobroni dan Arif. 2013. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nugroho, Riant. 2003. Prinsip Penerapan Pembelajaran. Jakarta: Balai Pustaka.

Prayitno, 2009. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Salim, Peter Salim dan Yenny. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana- Prenada Media Group.

Silberman, Melvin L. 2012. Active Learning. Bandung: Nuansa.

Sobari, Pupuh Fatkhurrahman, M. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Subagyo, P. Joko. 1997. Metodologi Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahab. 2008. Tujuan Penerapan Program. Jakarta: Bulan Bintang.

Wiriatnadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zain, Badudu dan Sutan M. 2010. Efektifitas Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.