UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATERI KISAH NABI ISMAIL AS. MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA DI MI SUDIRMAN PEKALONGAN

Maria Dwi Anita, Muslimah Muslimah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas III materi kisah Nabi Ismail As. melalui penerapan model pembelajaran sosiodrama di MI Sudirman Kota Pekalongan. Sesuai dengan permasalahan ini, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran sosiodrama pada materi Kisah Nabi Ismail As. pada siswa kelas III di MI Sudirman Kota Pekalongan. Melalui penerapan model pembelajaran sosiodrama di MI Sudirman Kota Pekalongan ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada materi Kisah Nabi Ismail As. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui model pembelajaran sosiodrama menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I didapat presentase 78.57 % siswa yang tuntas dengan KKTP 75. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II dengan prosedur yang sama, ternyata hasil belajar siswa meningkat dengan presentase 96.42 % siswa yang tuntas. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 17.85 %. Kesimpulannya adalah bahwa melalui model pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kisah Nabi Ismail As. kelas III MI Sudirman Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2023/2024.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Anwar, Syaiful. 1995. Metode Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta:

Raja Grafindo.

Ardiawan, Ketut Ngurah, I Gede Arya Wiradnyana. 2020. Kupas Tuntas

Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik dan Publikasinya). Bali: Nilacakra.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Balai Pustaka. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemeterian

Agama RI. 2020. Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. Jakarta: Kemeterian Agama RI.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, JJ. 2012. Panduan Mengajar Aqidah Akhlak. Jakarta: Rawamangun.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Nata, Abuddin. 2002. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta :

Kencana.

Ramayulis. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sagala, Syaiful. 2017. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alpabeta.

Saputra, Nanda. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit

Muhammad Zaini.

Sardiman, A.M.. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja

Grafindo Persada.

Shaleh, Abdul Rahman. 2005. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak

Bangsa. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Sukardi, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya.

Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, Basyiruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Wiraatmadja, Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Yakub, Muhammad. 2012. Kumpulan 36 Metode Pembelajaran. Medan: Iscon.

Yusuf, Tayar. 1995. Metodeologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.