UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMPN 6 PALANGKA RAYA

Ani Sri Lestari, Saudah Saudah

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa kelas VII di SMPN 6 Palangka Raya melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMPN 6 Palangka Raya. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan setelah penerapan model PBL, observasi partisipatif selama proses pembelajaran, Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an setelah penerapan model PBL. Rata-rata skor kemampuan membaca meningkat dari sebelumnya, menunjukkan bahwa penerapan model PBL berdampak positif pada kemampuan membaca Al-Qur'an. Selain itu, tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan model PBL secara umum positif, dengan mayoritas siswa merasa lebih terlibat dan antusias dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa kelas VII di SMPN 6 Palangka Raya. Model ini mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan isi Al-Qur'an, sehingga meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qura’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid


Full Text:

PDF

References


A.Kholik dan A. Mahruddin. Konsep Adab Belajar Murid Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim The Concept Of Learning Attitude In The Book Of Ta’lim Muta’alim. Jurnal Sosial Humainiora.4, No. 1 (2013).

Habibi,2022 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Media Audio Visual Pada Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT di Kelas XI “

Kamdi, W. dkk. (2007). Model- model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muhibbin Syah. 2015. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Astri, 2016 “Implementasi Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD Insan Teladan Parung Bogor”

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491


Refbacks

  • There are currently no refbacks.