MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BP DENGAN METODE THINK FAIR SHARE PADA SISWA KELAS 7 SMP

Mukhlis Yulianto

Abstract


Penggunaan metode ceramah lebih mendominasi selama proses pembelajaran, sehingga guru dalam pendekatan pembelajaran berorientasi terpusat pada dirinya sendiri. sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran, menyebabkan hasil belajar siswa rendah, masih terdapat siswa yang belum mencapai nilai KKM < 71.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas VII SMPN 3 Daha Sealatan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi siswa dan guru, dan lembar angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptip kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kondisi awal (tes kemampuan awal (25%), siklus I (70%), dan siklus II (85%).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.