PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 SEI GOHONG

Bahrani Bahrani

Abstract


Pembelajaran Pendidikan Agama Isalam dan Budi Pekerti adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan BAB untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada murid. Namun, di sekolah dasar ini masih banyak murid yang belum memaknai dan belum bisa mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dikarenakan guru kurang kreatif dalam menerapkan metode atau model pembelajaran sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk membantu guru dalam mengatasi hal tersebut, penerapan model pembelajaran koperatif tipe Team Games Tournament (TGT) cocok digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran (TGT). Penelitian ini dirancang melalui penelitian tindakan kelas dengan model empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. .Ada 10 siswa islam dalam satu kelas dengan jumlah siswa laki-laki 6 orang dan jumlah siswa perempuan 4 orang. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu bahwa model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pada siklus I siswa yang masuk pada kategori tuntas sebanyak 70 %, dan kategori tidak tuntas sebanyak 30 %,. Pada siklus II banyaknya siswa yang aktif dalam belajar, Maka kategori tuntas semua.. Pada siklus II ini siswa sudah mampu memahami penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa tercapai dengan maksimal.


Full Text:

PDF

References


Mamanda & Sumantri (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament dengan Menggunakan Media Kartu Cetak untuk Meningkatkan Hasil Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.