PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HURUF HIJAYYAH DI KELAS I SDN –1 LANGKAI PALANGKA RAYA

Barahim Barahim, Saudah Saudah

Abstract


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Huruf Hijaiyah di Kelas I SDN 1 Langkai Palangka Raya. Metode Penelitian ini menggunakan metode action recearch (penelitian tindakan), meliputi, perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan Metode observasi, Metode Dokumentasi, dan Metode Tes. Subjek pada penelitian ini adalah Siswa kelas IB berjumlah 10 siswa, guru, peneliti, dan kolaborator. Analisis data yang di gunakan pada tiap-tiap siklus dianalisa secara deskriptif dengan menghitung percentages correction. Hasil penelitian diketahui  bahwa nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I adalah 64,5 dan pada siklus II adalah 80,3, sehingga selisihnya adalah 15,8, siklus I dan II dapat diketahui tingkat ketercapaian KKM. Siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 4 dari 10 siswa atau 40 % dan pada siklus II ada  9 siswa yang tuntas dari 10 siswa atau 90 %. Karena persentase banyaknya siswa yang meningkat hasil belajarnya dari siklus I ke siklus II lebih dari 85 % yaitu 90 % maka tindakan dihentikan.


Full Text:

PDF

References


Agus, Suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hanafiah, Nanang (dkk). 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Astama

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Siregar, Eveline. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Saudah, S., Sri Hidayati, & Resti Emilia. (2022). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Membangun Kemandirian Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 51–62. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.27174

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Groups


Refbacks

  • There are currently no refbacks.