PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 8 LANGKAI PALANGKA RAYA
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 8 Langkai Palangka Raya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan mengacu pada hasil refleksi dari siklus 1. Metode Jigsaw digunakan untuk memecah materi Asmaul Husna menjadi beberapa bagian, dan siswa bekerja dalam kelompok ahli untuk memahami bagian-bagian tersebut sebelum berdiskusi di kelompok asal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Jigsaw berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Siswa terlibat aktif dalam diskusi kelompok, berkolaborasi dengan baik, dan menunjukkan minat yang tinggi dalam memahami materi Asmaul Husna. Dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh peneliti kepada siswa yang memerlukan tambahan bantuan juga berdampak positif dalam meningkatkan partisipasi dan kontribusi siswa dalam kelompok. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk mengadopsi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mata pelajaran lain atau kelas yang berbeda, serta melibatkan orang tua dan pihak sekolah dalam mendukung proses pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam menyajikan materi pembelajaran yang lebih menarik juga dapat meningkatkan minat dan perhatian siswa. Penelitian lanjutan juga dapat dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari penerapan metode Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa. Dengan perbaikan dan pengembangan yang terus dilakukan, diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa secara berkelanjutan
Full Text:
PDFReferences
Aronson, E., & Patnoe, S. 2011. Cooperation in the Classroom: The Jigsaw Method
Istarani 2014, Model pembelajaran tipe jigsaw
Refbacks
- There are currently no refbacks.