PENERAPAN METODE MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS II SDN GANDANG 3 KECAMATAN MALIKU

Fauziah Fauziah, Saudah Saudah

Abstract


Mutu Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai saat ini belum mencapai harapan. Pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang selama ini berlangsung masih bersifat monoton, dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan masih bersifat berpusat pada guru hal ini dikarenakan guru masih menggunakan media seadanya seperti papan tulis saja, sehingga siswa dalam pembelajaran hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan berdampak pada hasil pencapaian belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif Penerapan Metode Modelling The Way dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Gandang 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research,) dengan subjek penelitian siswa kelas II di SDN Gandang 3 Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan Metode Pembelajaran Modelling The Way mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa Materi Shalat Fardhu di kelas II SDN Gandang 3. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 67,5 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 50 % yaitu sebanyak 6 dari 12 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79,17 dengan ketuntasan klasikal mencapai 83,33 %, atau sebanyak 10 dari 12 siswa sudah tuntas belajar dengan mendapatkan nilai di atas KKM.


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas, Cet. I; PT Bumi Aksara, Jakarta.

Elmiati, 2011. Penerapan Strategi Modeling The Way untuk Meningkatkan Kemampuan Melafazkan Hukum Qawli Shalat Fardhu pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Rusqah Pekanbaru, Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru.

Muhibbin Syah. 2003.Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana, 1995.Dasar-Dasar Belajar Mengajar, Sinar Baru : Algensindo

Riyanto, Yatim. 2001. MetodologiPenelitian Pendidikan. Surabaya. Penerbit SIC.

Slameto. 1995. Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhi, . Sinar Baru : Algesindo

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.