PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 9 PALANGKA RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembaharuan model pembelajaran ketika memberikan materi Pendidikan Agama Islam saat proses belajar mengajar di kelas pada siswa karena guru masih menggunakan model konvensional yang didominasi oleh metode ceramah, hal tersebut mengakibatkan keengganan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga siswa menimbulkan kejenuhan dan motivasi belajar siswa berkurang. Teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random dan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palangka Raya dengan jumlah 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar PAI. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar PAI sebesar 45.6% siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palangka Raya. Kemudian dipengaruhi 54,4% dipengaruhi oleh faktor internal individu seperti faktor keluarga, lingkungan, masyarakat dan faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (berbasis masalah) dapat memberikan motivasi pada siswa untuk hasil belajar yang maksimal pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 9 Palangka Raya.
Full Text:
PDFReferences
Amiludin, Risnawati dan Sugiman S. 2016. Pengaruh Problem Posing dan PBL terhadap
Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. (Online) Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 3 No. 1. Diakses pada tanggal 17 Maret 2019 pukul 00.48 wita.
Andriani, Roni. Korelasi Sederhana, (https://www.scribd.com). Diakses pada tanggal 18 Desember 2018 pukul 10.00 wita.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim, Lukman. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem based learning) pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. (Online) Jurnal PAI-Ta’lim. Vol. 13 No. 1. Diakses pada tanggal 17 Maret 2019 pukul 00.15 wita.
Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, (Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet.XXV;Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. XXVI; Bandung: Alfabeta.
Umar, Husein. 2006. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.