PENERAPAN METODE EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV A SDN 8 MENTENG PALANGKA RAYA

Khairunisa Khairunisa, Saudah Saudah

Abstract


Minat belajar merupakan faktor krusial dalam mencapai hasil pembelajaran yang optimal, dan metode edutainment merupakan pendekatan yang menggabungkan unsur-unsur pendidikan dan hiburan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui Pendekatan dengan partisipan siswa kelas IV A SDN 8 Menteng Palangkaraya yang terdiri dari 19 siswa. Penelitian ini terdiri dari observasi awal untuk mengukur tingkat minat belajar siswa sebelum penerapan metode edutainment, perancangan dan implementasi rencana pembelajaran dengan metode edutainment, serta observasi lanjutan untuk memantau perubahan tingkat minat belajar siswa setelah penerapan metode tersebut. Data-data yang diperoleh dari penelitian di analisis menggunakan statistik deskriptif. Tingkat keberhasilan peningkatan minat belajar siswa pada siklus I ini mencapai 84,2 %, karena dalam siklus I ini masih ada 3 orang siswa yang mendapat kategori dibawah kriteria ketuntasan minimal, yaitu Cukup (Rentang Nilai 60-74). Sedangkan tingkat keberhasilan peningkatan minat belajar siswa pada siklus II ini mencapai 100%, karena dalam siklus II semua siswa mendapat kategori diatas kriteria ketuntasan minimal, yaitu Cukup (Rentang Nilai 60-74). Diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan, terutama dalam hal pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik bagi siswa. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan panduan praktis bagi guru-guru untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menyenangkan, interaktif, dan memotivasi siswa untuk lebih berpartisipasi aktif dalam proses belajar-mengajar.


Full Text:

PDF

References


Asrori dan Rusman. 2020. Classroom Action Research. Jawa Tengah: Pena Persada.

Bafirman. 2016. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes. Jakarta. Prenada Media Group.

Hamalik, oemar., (2009), Proses Belajar Mengajar, penerbit Jakarta: PT bumi Aksara.

Sobur, Alex. 2016. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto.H dan Prawitasari. M (2021) Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19

Taniredja, Faridli, E.Mi, &Harmianto. S. 2017. Model Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Bandung: Alfabeta

Yuliawati, Rika 2022. Strategi pembelajaran edutainment pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Sumberarum Pati.

Zuhdi, Farhan. 2021. Implementasi Metode Edutainment dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran SKI Di Kelas X MA Putri Maarif Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.