METODE INQUIRY: SOLUSI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ADAB KEPADA GURU DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK
Abstract
bertakwa, dan mampu membuktikan kebenaran Islam melalui akal, rasa, dan emosi. Peran guru adalah menanamkan nilai-nilai Islam pada anak-anak, yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode inquiry. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan menerapkan metode inquiry. Penelitian ini dilakukan di kelas III MIN 7 HSU, menggunakan metode kolaboratif. Tahapan penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak meningkat dari siklus I ke siklus II. Rata-rata skor siswa pada siklus I adalah 76,4, sedangkan pada siklus II adalah 81,4. Dapat disimpulkan bahwa metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal, and Ali Murtadlo. 2022. A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Faturrahman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islam. Jakarta: Refiko Aditama.
Laksmini Dewi, Masitoh. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slamento. 1993. Proses Balajar Mengajar Dalam Kredit Semester SKS. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.