PENINGKATAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI KALIMAT THAYYIBAH (TARJI’) MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V MI AL-MA’ARIF

Nur Khoiriyah, Muslimah Muslimah

Abstract


Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Karena, maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan. Berdsarkan pra survey yang telah di lakukan pada peserta didik kelas V yang berjumalah 17 peserta didik di MIS Al-Ma’arif Cumpleng mata pelajaran Akidah Akhlak diketahui proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensioanal dan kurang bervariasi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, salah satunya adalah model pembelajaran Course Review Horay. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas V di MIS Al-Ma’arif Cumpleng. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji hipotesis (uji-t). Diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap aktivitas dan hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas V di MIS Al-Ma’arif Cumpleng. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Akidah akhlaq dengan menggunakan media pembelajaran ourse review horay (CRH).


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2014. Penelitian Tindakan Kelas. ( Jakarta: PT. Bumi Aksara).

Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. (Bandung :YramaWidya).

Darmiyati, Zuchdi. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. (Jakarta: PT Rineka Cipta).

Djamarah, Syiful Bahri dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: PT. Rineka Cipta).

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pembelajaran dan Pengajaran. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Mastur, Faizi. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksata pada Murid. (Yogyakarta : Deva Pers).

Mulyono, Abdurrohman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. (Jakarta: Rineka Cipta).

Sudjana. Nana. 1995 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).

Suryani, Nunuk.2012. Strategi Belajar Mengajar. (Yogyakarta: PenerbitOmbak).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.