PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA MATERI KALIMAT TAYYIBAH SISWA KELAS IV MI AL MA’ARIF SUKOMARTO

Nur Ma’arif, Muslimah m

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode talking stick dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi Kalimat Tayyibah (Subhanallah dan Masyaallah). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MI Al Ma’arif Sukomarto dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas atau dikenal sebagai classroom action research, dengan menggunakan model persiklus dimana suatu tindakan atau kegiatan dilakukan berulang, sehingga dapat digunakan untuk meramalkan kondisi terhadap tindakan penelitian atas pengembangan pemahamaan kalimat tayyibah melalui metode talking stick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian hasil belajar sebelum digunakannya metode talking stick adalah 65,75. Rata-rata pencapaian nilai hasil belajar siswa setelah menggunakan metode talking stick dalam proses pembelajaran pada siklus I adalah 83,45 dan pada siklus 2 adalah 87,85.  Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Al Ma’arif Sukomarto.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: PT. Bumi Aksara).

Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. (Bandung: YramaWidya).

Darmiyati, Zuchdi. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. (Jakarta: PT Rineka Cipta).

Djamarah, Syiful Bahri dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: PT. Rineka Cipta).

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pembelajaran dan Pengajaran. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Mastur, Faizi. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksata pada Murid. (Yogyakarta: Deva Pers).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.