UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK MATERI KALIMAT THAYYIBAH KELAS IV MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI MI MA’ARIF KALIBAGOR KEBUMEN

Rian Budiarti, Muslimah Muslimah

Abstract


Penelitian ini merupakan penerapan metode make a match. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat diharapkam akan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas 4 MI Ma’arif kalibagor melalui penerapan metode make a match Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Setiap siklusnya terdapat 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjekdalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 MI Ma’arif kalibagor yang berjumlah 10 siswa.Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Sedangkanteknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pelaksanaan metode make a match pada hasil belajar siswa meningkat pada siklus I dari 60 % menjadi 80 % dikategorikan baik dan pada siklus ke II meningkat menjadi 100%.

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK MATERI KALIMAT THAYYIBAH KELAS IV MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI MI MA’ARIF KALIBAGOR KEBUMEN


Full Text:

PDF

References


Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Mariani. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran MAKE A MATCH Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu”. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3 (2). https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sirait, Makmur, dan Putri Adilah Noer. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal INPAFI 1 (3). https://doi.org/10.24114/inpafi.v1i3.1914.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wardhani, I G A K. dan Kuswaya Wihardit. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.