MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA SISWA SDN BATU BINI

Zain Anwari

Abstract


Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah suatu proses komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Proses komunikasi ini diwujudkan melalui penyampaian informasi dapat diserap dan mudah dipahami oleh peserta didik, maka diperlukan sarana atau alat komunikasi. Adapun sarana yang digunakan untuk memperlancar komunikasi dalam proses belajar mengajar menggunakan Media Pembelajaran dan sistem guru kunjung karena daerah kami merupakan daerah pegunungan.Masalah lain yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan meningkatkan kreativitasnya. Peserta didik akan belajar lebih baik jika lingkungan yang diciptakan berjalan alamiah. Namun saat ini masih banyak pendidik yang menggunakan metode mengajar konvensional sehingga suasana belajar terkesan kaku dan didominasi oleh pendidik. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik saat ini cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih mementingkan penghafalan konsep, dan bukan pada pemahaman.Penggunaan Model Pembelajaran juga mendukung keberhasilan prestasi siswa, seperti penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning ditambah dengan Media powerpoint yang dapat menjadikan pembelajaran tematik lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perubahan tindakan dalam penerapan Model Kooperatif Learning yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa saat menggunakan Model Kooperatif Learning.

Berdasarkan pemaparan di atas, model pembelajaran menjadi hal penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Kooperatif Learning Pada Siswa SDN Batu Bini”


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.