IMPLEMENTASI PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL HIDAYAH
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan kurang minat atau bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena seorang guru ketika pembelajaran berlangsung hanya menggunakan metode ceramah dan monoton. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih belum maksimal dan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VII MTs Nurul Hidayah Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 peserta didik kelas VII MTs Nurul Hidayah Mojokerton tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari persiklusnya, siklus I 73% dengan sebanyak 11 siswa, dan siklus II mencapai 93,33% dengan sebanyak 14 siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan nilai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlaq kelas VII di MTs Nurul Hidayah tahun pelajaran 2023/202.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, H. Rusdiana. 2015. Kebijakan Pendidikandari Filosofi ke Inplementasi. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmad, H. Rusdiana. 2015. Kebijakan Pendidikandari Filosofi ke Inplementasi. Bandung: Pustaka Setia.
Ali, Muhammad Daud. 2000. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Amir, M. Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Andayani, Dian dan Abdul Majid. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: Remaja Rosda Karya.
As’adi, Basuki. 2000. Desain Pembelajaran Berbasis PTK. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.
Berdiati, Ika, dan Asis Saefuddin. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral. Jakarta: Asdi Mahasatya
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fakhruddin, Asef Umar. 2010. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Mardiansyah, Dicky. 2012. “Peningkatan Partisipasi Peserta didik Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Mata Pelajaran PKN Kasus Pelanggaran HAM dan Upaya Penegakan HAM di Indonesia pada Peserta didik Kelas VIII F SMP N 1 Badegan tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Murtadho, Ali dan Zainal Aqib. 2006. Kumpulan Metode Pembelajaran Aktif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.
Muhibbin, Syah. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Makmum, Syamsudin, Abin. 2002. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudjiono, Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Nata, Abudin. 2002. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Purwanto, Ngalim. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Priansa, Donni Juni, Euis Karwati. 2015. Manajamen Kelas (Classroom Management). Bandung: Alfabeta.
Rahman, Fathur, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ramayulis, 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rooejakers, Ad. 2006. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: PT Gramedia.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Shoim, Aris. 2014. 68 Model Pebelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Dirjen Dikti.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Supardi, Suhardjono, Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.