EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS X-1 DI SMAN 5 PALANGKA RAYA

Laili Yusana, Saudah Saudah

Abstract


Penelitian ini berawal dari adanya siswa yang tidak lancer ataubahkan tidak bias membaca al-Quran di SMAN 5 Palangka Raya dengan ketertarikan peneiliti pada siswa pada kelas X-1 yang didominasi siswa yang belum bias atau belum lancer ammembaca al-Qur’an. Oleh karena itu, peneliti ingin menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran tutor seabaya untuk meningkatkan membaca al-Qur’am pada siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, selanjutnya tes kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siklus I dikategorikan (baik) yaitu dengan nilai 75,51 dan pada siklus II meningkat menjadi (baik sekali) dengan nilai 91,66. (2) Adapun aktivitas siswa dalam membaca al-Qur’an pada siklus I dikategorikan (baik) yaitu dengan nilai 79,50. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (baik sekali) dengan nilai 87,07. (3) Hasil kemampuan dalam membaca al- Qur’an mengalami peningkatan dengan penggunaan metode tutor sebaya, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 73,91 dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 91,30.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Ibnu Sa’ad, Al-Falih. (2007). Langkah Praktis Mendidik Anak Sesuai Tahapan Usia. Terjemahan oleh Kamran As’at Irsyady, Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Afifah, N., Saudah, Aghnaita, Muzakki, Ervina, & Ma’rifah, N. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Metode Tilawati Kepada Orang Tua Murid. Abdi Paud: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Ahdiyat, Maman dan Sarjaya. (2021). Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pengolahan Data: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Vol 4 No.1

Arikunto Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta

Aqib Zainal, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK, Bandung: Yrama Widya.

Djamarah ,Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung

Mukhlis, Abdul. (2020). Pembelajaran Tutor Sebaya: Solusi Praktis dalam Rangka Menyongsong Pembelajaran Sastra yang Menyenangkan Bagi Siswa SMP: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sasta Indonesia. Vol 1, No2.

Kunandar (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta:Bumi Aksara.

Kementrian Agama RI. (2009). Al-Qur?an dan Tafsirnya, Jakarta: Pusataka Firdaus.

Pusporini, Ningrum Anggorowati. (2021). Penerpaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Oelajaran Sosiologi: International Journal Of Indonesian Society and Culture Vol 3, No.1

Robiatul. (2019). Tutor Sebaya Kemampuan membaca Al-Qur’an. Jurnal mitra Pendidikan Vol 3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.