PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN TARTIL PADA SISWA KELAS IV SDN TAHAI JAYA 3

Maulidah Maulidah, Saudah Saudah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan (mendeskripsikan) kegiatan belajar siswa khususnya membaca Al-Qur’an di kelas IV SDN Tahai Jaya 3 pada materi Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S Al-Hujurat ayat 49 : 13 dengan menggunakan metode Drill. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan 2 siklus, pada tiap siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Dimulai dengan tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan dengan menggunakan metode Drill, tahap observasi dan tahap refleksi. Yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 10 orang. Tehnik pengumpulan data pada saat penelitian dengan menggunakan observasi serta dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Drill dalam pembelajaran materi mari mengaji dan mengkaji Q.S Al-Hujurat 49:13 dapat menunjukkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tartil pada peserta didik kelas IV SDN Tahai Jaya 3 kabupaten Pulang Pisau. Hal ini digambarkan pada peningkatan membaca Al-Qur’an di setiap siklusnya. Pada siklus I yang lancar membaca Al-Qur’an hanya 4 orang atau 40% saja, sedangkan pada siklus II kemampuan membaca Al- Qur’an pada siswa kelas IV sudah menjadi 8 orang atau sudah mencapai 80%.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Saudah, Aghnaita, Muzakki, Ervina, & Ma’rifah, N. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Metode Tilawati Kepada Orang Tua Murid. Abdi Paud: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Abdul Majid, 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Study Kompetensi Guru, Bandung: PT. Rosda Karya

A Khudori, M Priyatna, M Yasyakur. 2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 1 (2B), 240-250, 2019.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Masrifah. 2022. Penerapan Kooperatif Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Duha Kelas Iv Mi Miftahussalam

Mia. 2018. Penerapan Metode Tartil Dalam Kemampuan Baca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Qur’an (Tpq) An-Nur Kota Bengkulu,13

Mustafa. 2021. Penerapan Metode Drill sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik Kelas V. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 44-65

Murdani. 2020 .Kemampuan Membaca Al-Qur`An Melalui Metode Tartil Pada Mata Pelajaran Al-Qur`An Hadist Di Kelas V Mi Nurul Islam Gunung Sari Kabupaten Tanggamu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.