PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 PALANGKA RAYA
Abstract
Rendahnya kemampuan membaca Al-Quran siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN-2 Palangka Raya menuntut guru untuk melakukan inovasi baik metode, model maupun strategi pembelajaran dengan menggunakan . Tujuan penelitian ialah mendeskripsikan penerapan metode Drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa kelas VIII di SMPN-2 Palangka Raya. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN-2 Palangka Raya dengan subjek sasarannya ialah kelas VIII-5 yang jumlah siswanya sebanyak 20 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tergambar bahwa kemampuan membaca Al-Quran dengan jumlah siswa 16 yang tuntas mencapai KKM sebanyak 7 siswa dan yang belum tuntas mencapai 9 siswa dengan persentase klasikal ketuntasan mencapai 43,75%, sehingga diperlukan perbaikan terhadap proses pembelajaran berdasarkan langkah metode Drill. Sedangkan pada siklus II deiketahun bahwa setelah penerapan metode Drill terlihat kemampuan membaca Al-Quran siswa yang tuntas mencapai KKM ialah sebanyak 15 dan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 93,75%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Drill ini dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2002. Presedur Penelitian, Jakarta: Renika Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono Dkk.2014. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673
Jamal Maruf Asmani. 2013. 7 Tips Aplikasi PAKEM, Yogyakarta: DIVA PRESS.
Moch, Agus Krisno Budiyanto. 2016. SINTAKS 45 Model Pembeajaran dalam Student Centered Learning (SCL), Malang: PT UMM Press.
M. Sobry Sutikno. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Lombok:Holistica.
Ridwan. 2016. Pembelajaran Quran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah, Lombok: Elhikam Press.
UU Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional, Surabaya : Media Centre.
Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491
Refbacks
- There are currently no refbacks.