UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PADA MAPEL AKIDAH AKHLAK MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MELALUI METODE CARD SORT SISWA KELAS 4 MI NAHJATUL FAIZIN KEPOHKENCONO PUCAKWANGI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode card sort dapat meningkatkan minat baca pada materi beriman kepada kitab-kitab Allah pada siswa kelas IV MI Nahjatul Faizin Keepohkencono Pucakwangi. Model pembelajaran menggunakan Active learning. Metode penelitian yang digunakan adalah ptk dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan card sort, teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nahjatul Faizin Kepohkencono Pucakwangi. Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil tes belajar dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai ketuntasan berdasarkan penilaian, Dikatakan berhasil atau tuntas jika memperoleh nilai di atas 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sesuai perbandingan data hasil belajar dari Siklus I, ke Siklus II. Pada siklus I tingkat motivasinya membaca masih rendah. Prosentase hanya 61%. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh prosentase 59%, pada tes awal ketuntasan klasikal sebesar 35%, Kemudian akhirnya meningkat pada Siklus II untuk motivasinya membaca menjadi 77%, sedangkan untuk aktivitas siswa menjadi 76%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan minat baca siswa kelas IV MI Nahjatul Faizin Kepohkencono Pucakwangi.
Full Text:
PDFReferences
Hanifah, Erma Nur dan Taat Wulandari. 2018. Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII E SMP Negeri 1 Majalengka. JIPSINDO No. 1 (5).
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurochim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Piskurich, G. M., Peter B., dan Brandon H. 2000. The ASTD Handbook of Training Design and Delivery. USA: Mc Graw-Hill Companies.
Rusniasa, Ni Made, Nyoman Dantes, & Ni Ketut Suarni. 2021. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Penatih. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5 (1).
Silberman, M. L. 2014. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Walkin, L. 2002. Teaching and Learning in Further and Adult Education. United Kingdom: Nelson Thomas Ltd.
Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Yasin, A. Fatah. 2008. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.