UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALU MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER MATERI ASMAUL HUSNA AR-RAZZAQ KELAS III MI ISLAMIYAH KAMBANGAN

Tahmid Tahmid, Muslimah Muslimah

Abstract


Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang selama ini masih menggunakan strategi yang konfensional seperti tanya jawab dan ceramah. Hal itu menyebabkan hasil belajar yang dicapai sangat tidak memuaskan. Untuk itu perlu ada perbaikan dalam strategi pembelajaran agar keadaan tersebut dapat cepat teratasi. Penerapan Model Numbered Heads Together Materi Asmaul Husna Ar-Razzaq Kelas III di MI Islamiyah Kambangan sebagai usaha untuk perbaikan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi numbered head together  telah mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu berupa peningkatan pemahaman materi pembelajaran, keaktifan siswa dalam berdiskusi dan interaksi diantara siswa.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Muslih, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya. Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Jakarta

Sa’ud, Udin Syaefudin dan Abin Syamsuddin Makmun. 2006. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syahminan Zaini. Kuliah Akidah Islam. Surabaya: Al Ikhlas.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Wiraatmadja, Rochiati. 2019. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.