UPAYA MENINGKATKATKAN HAFALAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING MATERI Q.S. AL-FATIHAH PADA KELAS 1 SD NEGERI GARANTUNG 3
Abstract
Salah satu pembelajaran penting dalam mata pelajaran PAI disekolah dasar adalah membaca dan menghafal surah-surah pendek Al Quran. Dengan hafalan surah-surah pendek diharapakan sebagai bekal bagi siswa kelak untuk menggunakannya dalam melaksanakan shalat fardu lima waktu sehari semalam. Permasalahan yang sering terjadi yaitu siswa mengabaikan tugas menghafal surah-surah pendek, sehingga dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk meningkatkan hafalan siswa kelas 1 SD dalam memahami dan menghafal materi QS Al-Fatihah. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan penerapan strategi pembelajaran Guided Teaching. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus dengan melibatkan 12 siswa sebagai subjek penelitian. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peserta penelitian adalah siswa kelas 1 SD yang memiliki kesulitan dalam menghafal QS Al-Fatihah.Penerapan strategi pembelajaran Guided Teaching melibatkan pendekatan berbasis kelompok kecil, di mana guru memberikan arahan yang terstruktur dan dukungan aktif kepada siswa selama proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan media interaktif dan teknologi dalam mengajar juga diintegrasikan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hafalan siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Guided Teaching. Perolehan nilai rata-rata mengalami peningkatan dan juga tingkat kelulusan siswa mengalami peningkatan pesat. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi praktik pembelajaran di kelas 1 SD, khususnya dalam upaya meningkatkan hafalan siswa melalui strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif seperti Guided Teaching.
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Saudah, Aghnaita, Muzakki, Ervina, & Marifah, N. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Al-Quran Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Metode Tilawati Kepada Orang Tua Murid. Abdi Paud: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Anizar, (2016). Model Pembelajaran Guided Teaching untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI.Sumatra Barat:Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy.
Ibrahim T. darsono H. (2008) Pemahaman Al-quran dan Hadits. Solo : PT. Tiga Serangkai.
Islam. Isnaniah, (2011). Meningkatkan Kemampuan Membaca Surah-surah Pendek Dengan Strategi Guided
Lutfi Ahmad. (2009). Pemahaman Al-quran dan Hadits. Jakarta:Direktor Jenderal Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Madania Makassar. Makasar: Biology Education Study Program, University of Patompo,
Pendidikan Islam.Penggunaan Strategi Reading Aloud Siswa Kelas VI SD Negeri 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Riau:Program Studi Pendidikan Guru Agama Islam, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Rahmawati Dina Nuzulul, Linda Dwiyanti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-
Samsidar A. Ma. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Surah Pendek Pilihan Melalui surat Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017. Mojokerto:Jurnal Program Studi PGRA Teaching Pada Siswa Kelas 1 SDN Salat Makmur Kabupaten Banjar. Banjarmasin:Program Studi Tarbiyah dan Keguruan, UIN Antasari Banjarmasin.
Veryani Andi Nur, Irnayanti Bahar. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Teaching dalam
Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Zain Lukman M.S, M.A. (2009) Pembelajaran Fiqih. Jakarta:Direktor Jenderal Pendidikan
Refbacks
- There are currently no refbacks.