PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 3 TANJUNG PINANG KOTA PALANGKA RAYA

Yuyu Yuliana

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi dari hasil belajar peserta didik yang masih rendah banyak nilai peserta didik yang belum mencapai nilai KKTP yaitu 75. Selain itu, guru dalam pembelajaran masih belum menggunakan metode konvensional sehingga siswa merasa tidak termotivasi, antusias dalam belajar. Untuk mengantsipasi hal tersebut perlu diadakan perubahan baru yaitu dengan mengubah metode pembelajaran dari metode konvensional ke metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Adapun metode pembelajaran yang dimaksud yaitu metode pembelajaran Index Card Match (mencari pasangan). Metode pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SDN 3 Tanjung Pinang Kota Palangka Raya. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui tes akhir siklus dan keaktifan siswa melalui tes dan observasi pada waktu pelaksanaan pembelajaran. Indikator yang diharapkan adalah siswa yang mendapat nilai ?75, ketuntasan belajar mencapai 85% pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada prasiklus nilai rata-rata 55, ketercapaian klasikal 32%, selanjutnya setelah dilakukan tindakan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 75, ketuntasan belajar secara klasikal 64%. Pada siklus II nilai rata-rata 89 dan ketuntasan mencapai 91%. Dari hasil tindakan dapat disimpulkan bahwa metode Index Card Match dapat menjadi solusi dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 3 Tanjung Pinang.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Hasan, Iqbal, M. 2010. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Deskriptif), Jakarta : Bumi Aksara

Sugiono. 2010. Metode Kualitatif dan Kuaintitatif R Dan D. Bandung : Alfabeta

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.