PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI AL-ASMA AL-HUSNA KELAS VII SMPN 1 DUSUN HILIR

Gusti Syadilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Al-Asma Al-Husna di kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru wali kelas VII dan guru mata pelajaran. Analisis data mengikuti pendekatan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Model Discovery Learning dipilih sebagai pendekatan pembelajaran yang mengedepankan pemahaman mendalam dan interaktif siswa terhadap materi Al-Asma Al-Husna. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII sebagai subjek penelitian dan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes tulis dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Al-Asma Al-Husna.   Motivasi siswa dalam pembelajaran PAI juga lebih tinggi dengan penggunaan model Discovery Learning. Penelitian ini memberikan bukti bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Al-Asma Al-Husna dan memiliki dampak positif pada pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Hulu, Yaatulo, and Yakin Niat Telaumbanua. "Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning." Educativo: Jurnal Pendidikan 1.1 (2022): 283-290.

Sinaga, Samuel Juliardi, et al. "Model Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning dan Direct Instruction." (2022).

Pane, Januaris, et al. "EFFECT OF THE DISCOVERY LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN HEAT MATERIAL." JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 10.2 (2022): 145-149.

Sagala, Syaiful. "Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar." (2017).

Munawaroh, Siti. "Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Pewarisan Sifat Menggunakan Discovery Learning Berbantuan Kartu Genetika." Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher. Vol. 5. 2022.

KURNIASIH, Euis. Perbandingan Penerapan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 92017/2018). 2018. PhD Thesis. Universitas Siliwangi.

Muniroh, Muniroh. "Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa." (2023).

Nuria, Ratri. "Dampak Gaya Pengasuhan Orang Tua terhadap Sikap Nomophobia pada Anak." GIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner 1.2 November (2022): 63-69.

Ismawanti, Resty. Pola Komunikasi Pimpinan Pada Pt Telekomunikasi Indonesia Divisi Regional Iii Jawa Barat. Diss. Perpustakaan Pascasarjana, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.